E-commerce
Pertama kali
diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai
untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).
Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga
AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober
2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika
Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011
Menurut Robert E.
Johnson, III (http://www.cimcor.com), e-commerce merupakan suatu tindakan
melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet
sebagai media komunikasi yang paling utama.
Menurut Gary Coulter dan John Buddiemeir (e-commerce
outline) , e-commerce,berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan
produk yang semuanya dikerjakan melalui internet. Beberapa perusahan memilih
untuk menggunakan kegiatan bisnis ini sebagai tambahan metode bisnis
tradisional, sementara yang lainnya menggunakan internet secara ekslusif untuk
mendapatkan para pelangan yang bepotensi.
E-commerce merupakan kepanjangan dari Electronic
Commerce yang berarti perdagangan yang dilakukan secara elektronik. Seperti
halnya e-mail (Electronic Mail) yang artinya sudah diketahui
yaitu pengiriman surat secara elektronik. Dalam buku Introduction to
Information Technology, e-commerce berarti perdagangan elektronik
yang mencakup proses pembelian, penjualan, transfer, atau pertukaran produk,
layanan, atau informasi melalui jaringan computer, termasuk Internet (Turban,
2005:181).
Apabila dipilah e-commerce terdiri dari huruf e
yang berarti elektronik dan commerce yang berarti perdagangan. Pada
perdagangan konvensional dikenal adanya penjual dan pembeli, lalu perdagangan
sesungguhnya ada barang atau jasa yang dijual dan tentu ada pembelinya. Kata
‘perdagangan’ itu sendiri berdiri dengan arti sekedar tawar menawar antara
penjual dan pembeli, lalu apabila keduanya sepakat maka barulah dilakukan transaksi.
Perdagangan yang seperti ini terjadi hanya ‘sesaat’ dan tidak ada relasi yang
berarti antara penjual dan pembeli, dalam hal ini perdagangan hanyalah sekedar
kegiatan menjual dan membeli.
Karakteristik E-Commerce
Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi
e-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu :
- Transaksi tanpa batas
Sebelum era internet, batas-batas geografi menjadi
penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin go-international.
Sehingga, hanya perusahaan atau individu dengan modal besar yang dapat
memasarkan produknya ke luar negeri.Dewasa ini dengan internet pengusaha kecil
dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan
membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa
batas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat
mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line.
- Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui
internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan
nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh
penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit.
- Produk digital dan non digital
Produk-produk digital seperti software komputer, musik
dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan
cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan
melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya.
- Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commercen
dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang
dijual melalui internet.
Pengertian Lain E-Commerce :
Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai
bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan
electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan
definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk
transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service)
dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan
di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan
bisnis.
Internet sebagai jaringan publik yang sangat besar
(huge/widespread network), layaknya yang dimiliki suatu jaringan publik
elektronik, yaitu murah, cepat dan kemudahan akses.
Menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.
Menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.
Dari apa yang telah diuraikan di atas, dengan kata
lain; di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan/perniagaan
hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam
perkembangan terakhir menggunakan media internet.
E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang
menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers
dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan
komputer (komputer networks) yaitu internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar