Jumat, 05 Desember 2014

Strategi dan implementasi e-bussiness



STRATEGI DAN IMPLEMENTASI E-BUSNIESS




Merupakan hal yang penting untuk diingat bahwa mengimplementasikan proses e-business bukan merupakan strategi dasar. Implementasi e-business hanya berarti mempergunakan teknologi informasi jaringan dan komunikasi secara lebih efisien dan efektif dalam melaksanakan proses bisnis. Nilai strategis untuk melakukan hal ini tergantung pada tingkat sejauh mana proses tersebut dapat membantu organisasi mengimplementasikan dan mencapai strategi keseluruhannya.



Dua strategi dasar yang dapat diikuti organisasi jenis apa pun menjadi produsen yang berbiaya rendah (low-cost producer) atau menyediakan produk yang didiferensiasikan. E-business dapat dipergunakan untuk mengejar kedua strategi tersebut. Akan tetapi, penting bagi organisasi untuk memahami strategi aman yang diikutinya, agar jangan sampai secara tidak sengaja mendesain proses E-business-nya dengan cara yang bertentangan dengan strategi yang dipilihnya.



Sebagai contoh, desain Website yang optimal bagi perusahaan yang mengejar strategi diferensiasi produk didasarkan pada kualitas pelayanan pada pelanggannya, tampaknya akan berbeda dengan desain bagi perusahaan yang melihat dirinya sebagai penyedia komoditas berbiaya rendah. Pada situasi yang kedua, Website-nya mungkin didesain untuk menggantikan, sebanyak mungkin, kebutuhan untuk memberikan pelayanan pada pelanggan secara langsung. Sebagai gantinya, fitur FAQ akan dikembangkan secara luas. Sebagai pendukung tambahan, pelanggan mungkin akan diminta untuk memberikan pertanyaan mereka melalui e-mail. Apabila terdapat nomor telepon bebas pulsa, pelanggan mungkin akan diminta untuk melakukan panggilan bebas pulsa tersebut.



Sebaliknya, Website perusahaan yang mengejar strategi diferensiasi melalui pelayanan pada pelanggan yang superior, dapat mencakup bukan hanya daftar FAQ, tetapi juga fitur untuk berbicara langsung agar pelanggan bisa mendapat jawaban secara real-time atas pertanyaan mereka. Dukungan berupa telepon tampaknya akan dibcrikan hanya melalui nomor bebas pulsa dan akan dikelola untuk meminimalkan waktu tunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar